Dikala Pulau Jawa Diserang Wabah Penyakit



Tidak terasa sudah lebih dari satu tahun kita hidup di tengah pandemi Covid-19. Jika menilik sejarah, wabah datang dan pergi sementara manusia terus bertahan. Tahukah kamu, Indonesia, khususnya pulau Jawa, pernah menghadapi wabah-wabah selain Covid-19?

--------------------------------------------------

Like and follow us on Facebook, Instagram and Twitter @asumsico
and also check our website asumsi.co

Komentar

  • Hasbul Wafi
    Hasbul Wafi25 hari yang lalu

    Flu burung

  • Guntur Latukau
    Guntur Latukau2 bulan yang lalu

    Keren ASUMSI edukasi dan pemberitaanya good

  • Yusuf Prayogo
    Yusuf Prayogo3 bulan yang lalu

    Sebagai followers asumsi.. sedih ngelihat subscribe masih dikit aja. Semangat asumsi🔥🔥

  • Andryan 98
    Andryan 983 bulan yang lalu

    Berani kah asumsi bahas dunia jual beli hewan apalagi hewan langka di salah satu daerah Indonesia?

  • Selaksa Anggoro

    Selaksa Anggoro

    Bulan Yang lalu

    Kalo itu jangan dulu bang mending yg di Manado dulu yg jual kucing,tikus,kelelawar

  • Channel Si Rizky
    Channel Si Rizky3 bulan yang lalu

    Asumsi jasa Penukaran uang baru dong min 😀😂

  • Raden Mas Rama
    Raden Mas Rama3 bulan yang lalu

    Belanda masih peduli sama rakyat Indonesia

  • Selaksa Anggoro

    Selaksa Anggoro

    Bulan Yang lalu

    @Catur Ganz nah yg tau cara ngelola nya juga orang Jawa nya sendiri

  • Catur Ganz

    Catur Ganz

    2 bulan yang lalu

    Motivasi utamanya bukan seperti itu, mereka mau ngga mau harus mengatasi wabah ini karena mereka ngga mungkin bisa mengelola indonesia tanpa orang indonesianya sendiri. Istilahnya mereka yg butuh kita, bukan kita yg butuh mereka

  • Yoga Samodra
    Yoga Samodra3 bulan yang lalu

    wabah korupsi

  • Jungoo Kookie
    Jungoo Kookie3 bulan yang lalu

    Saya baru kena cacar air umur 22 tahun, bekasnya skrg masih ada di perut

  • Selaksa Anggoro

    Selaksa Anggoro

    Bulan Yang lalu

    Aku pernah cuma bentol paling 5 bentol an doang langsung ke dokter minta obat sembuh kalo liat sodara yg kena cacar ngeri Ampe se badan bentol bentol semua🤣

  • Belajar Sejarah Yuk!
    Belajar Sejarah Yuk!3 bulan yang lalu

    Mantap kajian Sejarah ada mas Bondan. Salam Sejarah✔

  • Syaiful Arkhan
    Syaiful Arkhan3 bulan yang lalu

    Wabah kolera juga bosQ. Kata orang dulu, yg nganterin ke kuburan/puskesmas pulangnya dia yg sakit. Bigitu seterusnya.

  • oooeeekkk
    oooeeekkk3 bulan yang lalu

    Jawa yang mana bang , soalnya DKI Sama JABAR KAN KATANYA BUKAN JAWA ✌️😄 PISS . MOHON DI JAWAB YA 🙏😅

  • hari kurniawan
    hari kurniawan3 bulan yang lalu

    Flu burung, flu babi, DBD.. Manusia tetap bertahan

  • Treno Septian
    Treno Septian3 bulan yang lalu

    Permisi min angkat polisi lapas dong min🙏

  • Selaksa Anggoro

    Selaksa Anggoro

    Bulan Yang lalu

    Auto rame yg nonton

  • Giovano Fachriza

    Giovano Fachriza

    2 bulan yang lalu

    Bantu up

  • Neyza
    Neyza3 bulan yang lalu

    Dan hebat nya pada saat itu ga ada konspirator konyol yang suka provokator kayak Lois sama teluuur

  • Galeri Rifai

    Galeri Rifai

    3 bulan yang lalu

    ngga ada internet .

  • Deadwood 212
    Deadwood 2123 bulan yang lalu

    kata simbah namanya pagebluk

  • Ahass Bintang

    Ahass Bintang

    2 bulan yang lalu

    Pagebluk itu penyakit atau suatu kejadian berbau mistis?

  • Ag Yo
    Ag Yo3 bulan yang lalu

    Wabah koruptor aja kita tetep santuy sebagai orang kecil mah

  • crUnch
    crUnch3 bulan yang lalu

    Menambah wawasan, sangat bermanfaat sekali informasinya kakak

  • Cak Wik
    Cak Wik3 bulan yang lalu

    Gw mending bertahan, jd ketika normal bnyk lapangan kerja gw kaya

  • Faisal Rashid
    Faisal Rashid3 bulan yang lalu

    Jika ada pengikut mardigu hidup di abad 17, apakah cacar bakal dibilang hoax dan konspirasi elite global juga?

  • Muhammad Zidni Ngilma

    Muhammad Zidni Ngilma

    3 bulan yang lalu

    @Irzan Wiratama Emang kalo pengikut gak bisa jadi temen dan temen gak bisa jadi pengikut? Badut lagi kan lu 🤡🤡🤡🤡

  • Irzan Wiratama

    Irzan Wiratama

    3 bulan yang lalu

    @Muhammad Zidni Ngilma ga bisa bedain temenan sm pengikut

  • Muhammad Zidni Ngilma

    Muhammad Zidni Ngilma

    3 bulan yang lalu

    @Ridho Baihaqi Berarti Sandiaga Uno, Helmi Yahya, Bong Chandra selaku orang yang sudah sukses dan menjadi sahabat dari Mardigu Wowiek juga Hamba pecinta hoax dong? Tapi, emang ada gitu pecinta hoax yang sukses? Peace 🤘🤣🤣🤣

  • Muhammad Zidni Ngilma

    Muhammad Zidni Ngilma

    3 bulan yang lalu

    Waduh.. ada yang iri hati dan dengki nih.. maklum ciri ciri buzzerp dan hatters emang gitu 😂

  • Ridho Baihaqi

    Ridho Baihaqi

    3 bulan yang lalu

    Pasti lah.. Jangan hamba mardigu aja... hamba jrx, fe101, QAnon, ustadz2 pendakwah teori konspirasi/cocoklogi

  • Vito K S
    Vito K S3 bulan yang lalu

    Batavia masuk pulau Jawa. Jakarta sekitarnya bukan 😂

  • Kalamar Alma Q.
    Kalamar Alma Q.3 bulan yang lalu

    Hingga saat ini wabah karena kebersihan dan sanitasi yg buruk masih jadi momok buat Indonesia.. Knp kita sulit belajar dari masa lalu..?

  • andreas wijaya

    andreas wijaya

    3 bulan yang lalu

    Karena bersih adalah bagian dr iman.

  • Muhammad Zidni Ngilma

    Muhammad Zidni Ngilma

    3 bulan yang lalu

    Karena Indonesia gak bakal bisa maju

  • Ridho Baihaqi

    Ridho Baihaqi

    3 bulan yang lalu

    Karena sudah budayanya... jorok

  • zxhade

    zxhade

    3 bulan yang lalu

    belajar ga bikin masuk surga :D

  • Miftaqul Surur
    Miftaqul Surur3 bulan yang lalu

    Nyimak...jepara hadir

  • YFahrizal Fahrizal

    YFahrizal Fahrizal

    3 bulan yang lalu

    Aku Kudus mas

  • yusup baharudin

    yusup baharudin

    3 bulan yang lalu

    Nyimak kalinyamat hadir hahaha

  • Ridho Baihaqi
    Ridho Baihaqi3 bulan yang lalu

    Bedanya orang eropa vs indo kalo hadapin wabah penyakit: Dulu eropa terlalu "dominan" dalam beragama, sampai wabah pes dibilang "kutukan tuhan/serangan roh jahat" ternyata penyebab wabah pes itu bakteri Yersinia pestis yang ada di dalam kutu tikus, eropa pas abad pertengahan emang jorok soal sanitasi, makanya pola pikirnya diubah gimana caranya MENGURANGI, ulangi... MENGURANGI resiko wabah penyakit lagi. Sanitasi diperbaiki, diadakan riset saintifik/ilmiah, pengembangan ilmu medis, perbaikan tata letak kota dan irigasi dll. Kalo indonesia?? Ya... lu pada tau lah fakta di lapangan. Gak usah dijelasin kaya eropa tadi.

  • samsu rudin

    samsu rudin

    Bulan Yang lalu

    Eropa belajar dari kesalahan, Indonesia mengikuti kesalahan nya eropa wkwkwkwk, untung lu pada hidup di Indonesia, belum di jepang buang sampah aja harus sesuai jenis nya gak bisa digabung, dan gak boleh sembarangan serta perlu dicuci terlebih dahulu, mamam lah itu Anak" jaman now bisa budir kali wkwkwkk

  • A Z N O V 夢

    A Z N O V 夢

    Bulan Yang lalu

    @Muhammad Zidni Ngilma wkwkw setuju bro lu juga gitu kok kalo punya kaca

  • Yoimiya

    Yoimiya

    2 bulan yang lalu

    @Muhammad Zidni Ngilma elu juga sama aja kalee. Kalo gabisa ngomong yg baik mending diem dan dislike

  • Iambadrus

    Iambadrus

    3 bulan yang lalu

    @Sir Rey kebanyakan sih gitu opini opini tanpa realisasi alhasil bacot doang lebih respect sama mereka yang bergerak membantu negara tanpa harus bacot sana sini cari validasi, lebih dari saya? woh tidak apa apa dong malah bagus yang penting tugas sbg masyarakat sipil ya ikut menaati dan mematuhi perintah pemerintah.

  • Sir Rey

    Sir Rey

    3 bulan yang lalu

    @Iambadrus lalu bagaimana anda tahu orang yg berkritik lewat internet hanya bacot doang? Bagaimana jika yg anda katakan bacot doang bayar pajak lebih dari anda dan melakukan segala hal lebih dari anda? Kenapa langsung judge orang hanya bacot doang

  • Hikmah Harsanto
    Hikmah Harsanto3 bulan yang lalu

    WABAH KENISKINAN PUN TIDAK MEMBUAT INDONESIA MATI !

  • oooeeekkk

    oooeeekkk

    3 bulan yang lalu

    @Galeri Rifai pengangguran ada gak jaman nabi 🤘😄✌️

  • Galeri Rifai

    Galeri Rifai

    3 bulan yang lalu

    klo menilai dri angka . ngga ada peradaban yg ngga ada org miskin nya . dri jaman kuno , jaman nabi , jaman kerajaan , jaman perang . ya pasti ada org miskin .

  • Adittia Purnama

    Adittia Purnama

    3 bulan yang lalu

    Wabah typo

  • gabut tv

    gabut tv

    3 bulan yang lalu

    Keniskinan

  • Ridho Baihaqi

    Ridho Baihaqi

    3 bulan yang lalu

    Abis gimana coba? Siklus orang susah ada terus...

  • Riska Pradianata
    Riska Pradianata3 bulan yang lalu

    Biasa aja.mknya hdup nikmatin aja buat apa cpek2 dengan dalih kesehatan jka hidupmu yg cmn sekali sia2.ingat kmu percya tuhan.hidup mati sdh d atur tdk ada yg mati selain kehendaknya.. gk ada org mati karena penyakit.kesean klean org jakarta jawa sana .sini mah bebas 😂😂😂 nikmatin aja smpe cicu kau pd lahir hdupmu bkln bgtu trus

  • NesTread

    NesTread

    3 bulan yang lalu

    Seperti sarkas,, hmm mungkin tidak:v

  • Muhammad Zidni Ngilma

    Muhammad Zidni Ngilma

    3 bulan yang lalu

    @Irzan Wiratama Emang elu udah ngaca diri elu sendiri? 😂

  • Irzan Wiratama

    Irzan Wiratama

    3 bulan yang lalu

    @Muhammad Zidni Ngilma RI ga maju2 ya krn orang kayak ente

  • Muhammad Zidni Ngilma

    Muhammad Zidni Ngilma

    3 bulan yang lalu

    @Ridho Baihaqi Berarti elu juga dong ngab? Kan elu orang Asean juga.. jadi bingung nih 🤔🤔🤔

  • Anisa Nuraeni

    Anisa Nuraeni

    3 bulan yang lalu

    @Riska Pradianata sdm terbelakang

  • gjvv gbvbh
    gjvv gbvbh3 bulan yang lalu

    apakah benar kita di jajah negara belanda? atau elite yg mengatasnamakan belanda? minta info dong asumsi

  • loetfie hakim

    loetfie hakim

    3 bulan yang lalu

    @Anisa Nuraeni coba tonton ini juga... idmilk.info/cycle/video/dp1lo8Op1bucaZg.html

  • Anisa Nuraeni

    Anisa Nuraeni

    3 bulan yang lalu

    @loetfie hakim iya kan bener. Raja yg sekarang yg minta maaf, bukan raja/ratu pendahulunya. Btw raja willem alexander njabat sejak 2013, beliau minta maaf pas 2013 lewat dubes, pas 2020 lalu resmi secara langsung

  • loetfie hakim

    loetfie hakim

    3 bulan yang lalu

    @Anisa Nuraeni kata siapa? Coba tonton ini sampai selesai...👇 idmilk.info/cycle/video/nmiAnbSes8Svhdc.html

  • Anisa Nuraeni

    Anisa Nuraeni

    3 bulan yang lalu

    @loetfie hakim btw belanda maaf buat perang kemerdekaan yg 1945-1949. Gw baca salah satu komen video soal raja belanda minta maaf, alasan raja belanda yg sekarang minta maaf dan bukan kakek/neneknya adalah menjaga perasaan veteran maupun keluarga tentara belanda yg mati saat itu. Seenggaknya gak separah nasionalis jepang yg menolak mengakui pembunuhan atas lebih dari 10 juta warga cina, dan 3 juta warga Indonesia selama perang dunia 2

  • loetfie hakim

    loetfie hakim

    3 bulan yang lalu

    @Anisa Nuraeni maksudnya?

  • ini gamevlog
    ini gamevlog3 bulan yang lalu

    Abis sholat jumat langsung nonton

  • Hari Deyan
    Hari Deyan3 bulan yang lalu

    Ke 6

  • Teddy Rosdianto
    Teddy Rosdianto3 bulan yang lalu

    woi

  • Nur Malik H.

    Nur Malik H.

    3 bulan yang lalu

    Palak kau woi...

  • Evul.Kuya_ 001
    Evul.Kuya_ 0013 bulan yang lalu

    komen ke 3

  • Lizna Queen
    Lizna Queen3 bulan yang lalu

    penyakit cacar bisa menular tpi gk bahaya.

  • Kedas Boti

    Kedas Boti

    3 bulan yang lalu

    @Ridho Baihaqi anjir jadi inget jrx lagi 🤣🤣

  • Second Account

    Second Account

    3 bulan yang lalu

    Karena ga ada vaksin,

  • loetfie hakim

    loetfie hakim

    3 bulan yang lalu

    Itu karena sudah ditemukan vaksin.

  • Ridho Baihaqi

    Ridho Baihaqi

    3 bulan yang lalu

    @dhifa dzifa awas... diserang hamba jrx, fe101, QAnon, ustadz2 cocoklogi/teori konspirasi, mardigu...

  • The ARK

    The ARK

    3 bulan yang lalu

    Gak bahaya kalau sekarang karena ada obat obatan dan tenaga medis terlatih serta fasilitas kesehatan memadai. sedangkan zaman dulu nggak ada vaksin nggak ada yang lain lain

  • Bagus putra
    Bagus putra3 bulan yang lalu

    Firts

  • Bagus putra

    Bagus putra

    3 bulan yang lalu

    @Ridho Baihaqi si ridho gua liat komen nya semua kok kayak gak Terima pasti iriya gak dapat komen pertama ya Iri gak iri gak iri lah masak enggak

  • Bagus putra

    Bagus putra

    3 bulan yang lalu

    @Kedas Boti 👍🏻

  • Kedas Boti

    Kedas Boti

    3 bulan yang lalu

    @Ridho Baihaqi salah kasitau bang, jangan digituin

  • Lenma

    Lenma

    3 bulan yang lalu

    Haha rip englis-

  • Ridho Baihaqi

    Ridho Baihaqi

    3 bulan yang lalu

    Aduh... writing bahasa inggris aja masih cacat. Pantesan SDM indo kalah sama SDM vietnam, malaysia, thailand

  • Fathur Official
    Fathur Official3 bulan yang lalu

    "pertama kak🙏

  • Pakai Otak Bukan Otot

    Pakai Otak Bukan Otot

    3 bulan yang lalu

    @Ridho Baihaqi halahh si bocil

  • Ridho Baihaqi

    Ridho Baihaqi

    3 bulan yang lalu

    @Pakai Otak Bukan Otot halah... si zakir.

  • Pakai Otak Bukan Otot

    Pakai Otak Bukan Otot

    3 bulan yang lalu

    @Ridho Baihaqi sopan lah

  • Ridho Baihaqi

    Ridho Baihaqi

    3 bulan yang lalu

    🖕

  • Netizen Koplak

    Netizen Koplak

    3 bulan yang lalu

    Koment pertama doang kagak like

Berikutnya