Kiprah Vaksin Nusantara Buatan Mantan Menkes Terawan



Di Indonesia program vaksinasi telah berjalan sejak 13 Januari 2021, ditandai dengan divaksinnya presiden Joko Widodo. Belakangan ini kita mendengar istilah vaksin nusantara. Sebuah vaksin yang diklaim sebagai "karya anak bangsa" digagas mantan menteri kesehatan Terawan Agus Putranto. Namun, vaksin nusantara menuai polemik. Salah satunya karena penilaian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan vaksin masih harus diperbaiki.

--------------------------------------------------

Like and follow us on Facebook, Instagram and Twitter @asumsico
and also check our website asumsi.co

Komentar

  • Ferdi Hasiman
    Ferdi HasimanJam Yang lalu

    idmilk.info/cycle/video/aJOnj7y-2rpsfb0.html

  • Zaenal putri alfaqih Satria
    Zaenal putri alfaqih Satria7 jam yang lalu

    Halaahhh..konten apaan ni.. Gedek liatnya.๐Ÿคฎ๐Ÿ‘Ž

  • Arkian Widi
    Arkian Widi7 jam yang lalu

    vaksin nusantara, simbol kedaulatan NKRI

  • yuli darminsyah
    yuli darminsyah8 jam yang lalu

    Hanya orang bodoh dan biadab. Kalau ada anak bangsa yg TDK mau menghargai karya anak bangsa sendiri.

  • Agus Wahyu
    Agus Wahyu8 jam yang lalu

    Lbih baik digunakn,tp sehat wlpun blum diijinkn, drpd sdh diijinkn tp bikn org mati

  • Bagus Setia Nugraha
    Bagus Setia Nugraha9 jam yang lalu

    Saya menyesal pakai vaksin sinovac, udah itu aja..

  • kang enok
    kang enok11 jam yang lalu

    Vaksin nusantara sesuai iklim indonesia jadi sangat pas buat rakyat

  • Kairos Christiano
    Kairos Christiano14 jam yang lalu

    Anjing menggonggong kapila berlalu,pa dr Terawan maju terus untuk kebaikan masyarakat..

  • Muhammad Riqbal
    Muhammad Riqbal17 jam yang lalu

    Saya dukung vaksin ini, bpom ngak jelas ada udang dibalik bakwan, datang kenegara lain cuma lihat lihat doang habis itu oke, biasa sifat orang pribumi ngak mau ribet n pusing, maju terus dr terawan aku cinta produk dalam negri ๐Ÿ‘๐Ÿ‘โคโค

  • Yeti Cantik
    Yeti Cantik18 jam yang lalu

    Kita harus bangga dengan produk sendiri udah jelas kita tdk tau paksin impor apakah sudah di uji nyatanya banyak yg mati vaksin impor hrs beberapa kali suntikan klu nusantara cuma kali biar prosesmya Lama tp pakaianya jg lama

  • Juniarti dewi
    Juniarti dewi22 jam yang lalu

    sy tunggu vaksin nusantara..lbh percy vaksin ini dp yg lain

  • Maria Mual
    Maria Mual22 jam yang lalu

    Bagaimana caranya mendapatkan vaksin nusantara saya mau vaksin nusantara,apa ke RSPAD nya langsung apa gimana ya...

  • Mochamad Wirasto
    Mochamad WirastoHari Yang lalu

    Harusnya penguasa sadar kalau hasil karya anak bangsa ini yg jadi penyelamat denerasi Indonesia. Nanti kalau paten nya dibeli pihak luar baru kebakaran jenggot. Segera investigasi ada apa di pimpinan BPOM..

  • SEDJATI GINTING
    SEDJATI GINTINGHari Yang lalu

    Vaksin Nusantara lebih layak dipercaya daripada Vaksin import. Lanjut terus.. Dr. Terawan.

  • Cemenung cemenung
    Cemenung cemenungHari Yang lalu

    Untuk mendapatkan vaksin nusantara di mana tempatnya dan gimana caranya...klu ada yg tau tolong kasih infonya trims ..๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  • ARDIAN ARDIAN
    ARDIAN ARDIANHari Yang lalu

    Kapan kami rakyat divaksin Nusantara nya jangan cuma pejabat aja

  • renita renita
    renita renitaHari Yang lalu

    Semangat pak terawan

  • Rahman Wahap
    Rahman WahapHari Yang lalu

    BPOM itu byk korupsi....

  • Disayang Elohim
    Disayang ElohimHari Yang lalu

    Bagaimana cara mendapatkannya. Apakah ada yang punya link aplikasinya?

  • Yus Aprianto
    Yus ApriantoHari Yang lalu

    Saya belum divaksin, mau jadi relawan vaksin nusantara, daftarnya dimana ya

  • Gading Putra
    Gading PutraHari Yang lalu

    Mending vaksin nusantara lah. Dari pada buatan luar. Lebih jelas

  • Daily_ Nina
    Daily_ Nina2 hari yang lalu

    Sangat bisa dibilang karya anak negeri.....

  • Christianto Marthin
    Christianto Marthin2 hari yang lalu

    Nyinyir ah nih channel, berimbang woy, jangan cuma jelekin doank kerjaannya, ceritain kelebihan vaksin ini apa.... channel kalian yah jagonya nyinyir.... jelekin pemerintah melulu nih...

  • surunk 38
    surunk 382 hari yang lalu

    Pngurus vaksin produk luar,auto panik,Klo bner vaksin Nusantara produksi masal,..yg gak setuju ya itu ada sesuatu,tau lah..dukung,cintai produk dlm negri,๐Ÿ‘

  • hidayat rahmat
    hidayat rahmat2 hari yang lalu

    Saya ingin vaksin nusantara,dimana ya cara mebdapatkannya,khusus nya di bandung.

  • Cahaya Ningrum
    Cahaya Ningrum2 hari yang lalu

    Di gratiskan buat Negara kah pak? Sebagai bhakti putra bangsa ๐Ÿ˜Š

  • Karinah Asi
    Karinah Asi2 hari yang lalu

    Lebih baik menghargai karya anak bangsa sendiri dari pada membeli produk punya orang luar yang kita tidak tau juga hasil penyelidikannya๐Ÿ™

  • Karinah Asi
    Karinah Asi2 hari yang lalu

    Saya juga mau jd sukarelawan untuk disuntik vaksin nusantara ini๐Ÿ™

  • Mr.jek #059
    Mr.jek #0592 hari yang lalu

    BPOM mbulet birokasi ribet , gak tau kondisi lagi kek gini , mikir nya cuan terus si BPOM

  • Safa & Lina
    Safa & Lina2 hari yang lalu

    Selain vaksin nusantara malahan ada yg mati coba dicatet min

  • Muhkamad Saleh
    Muhkamad Saleh2 hari yang lalu

    Channel yg menyesatkan. Maaf!!

  • Poli Renyaan
    Poli Renyaan2 hari yang lalu

    Kamu senang impor spya dpt duit kalau karya anak bansa kamu tolak

  • Yasmin Kim
    Yasmin Kim3 hari yang lalu

    INDONESIA BUTU VAKSIN NUSANTARA INDONESIA GAK BUTUH BPOM ...BPOM PENGHALANG MENUJU INDONESIA SEHAT

  • Christine Eva
    Christine Eva3 hari yang lalu

    Dimana saya bisa mendapatkan vaksin nusantara ya?

  • Diki Diki
    Diki Diki3 hari yang lalu

    Ayo pak,,aku mau di vaksin bapak saya siap pak

  • grace diana febiola
    grace diana febiola3 hari yang lalu

    Saya mau divaksin nusantara..daftar dmn?

  • Yayuk Emmelda
    Yayuk Emmelda3 hari yang lalu

    Kalo se kls b Siti F aj mau d vaksin...knp masih d ragukn lagi ???

  • Sil Medsos
    Sil Medsos3 hari yang lalu

    wajib kita dukung hasil karya anak bangsa impor wajar saja untuk melengkapi hal hal yang belum mampu dibuat dalam negri

  • Rrq Evos
    Rrq Evos3 hari yang lalu

    Kami menunggu vaksin nusantara, semoga rakyat bisa dapat vaksin ini.

  • Abdul Jana idris
    Abdul Jana idris3 hari yang lalu

    IDI tak senang dgn dr Terawan karena metode cuci otak bahkan IDI memecat dr Terawan jadi soal pengembangan Vaksin Nusantara jls IDI & BPOM tdk setuju , tapi DPR telah menyetujui Vaksin Nusantara untk dikembangkan semoga Presiden jg menyetujui Vaksin Nusantara karya anak bangsa , biar para mafia vaksin gigit jari , seperti mafia migas

  • agung frumentus
    agung frumentus3 hari yang lalu

    coba team yg menilai Vaksin Nusantara juga harus punya karya besar sep. Dokter terawan,,,jgn modal gelar pendidikan doang,,,,ga ada karya,,,itu namanya omdo,,,,

  • YEHES KIEL
    YEHES KIEL3 hari yang lalu

    Ngk mau like..channel mafia vaksin.

  • supray Suns
    supray Suns3 hari yang lalu

    trus kelanjutan imuno therapy ini gmn ya??apa bisa kita ikut kontribusi uji klinis nya yy kira2??

  • Mr Sali
    Mr Sali3 hari yang lalu

    Maju terus

  • Mr Sali
    Mr Sali3 hari yang lalu

    Aman buatan dlm negri

  • Mr Sali
    Mr Sali3 hari yang lalu

    Kpn

  • Pazzolle Tv
    Pazzolle Tv3 hari yang lalu

    Vaksin nusantara kok berpolemik....bpom itu yg berpolemik...dan patut di awasi

  • Surip Susanto
    Surip Susanto4 hari yang lalu

    Yakin hanya Vaksin nusantara

  • Sigit Handoko
    Sigit Handoko4 hari yang lalu

    Jual saja ilmunya ke negara lain yang lebih menghargai karya

  • Sigit Handoko
    Sigit Handoko4 hari yang lalu

    Bawang putihdi geprek campur gula trus di makan untuk obat apa juga peelu ijin bpom

  • erents Tallo
    erents Tallo4 hari yang lalu

    Saya mau di vaksin hasil anak bangsa. Dari pada vaksin asing.

  • amatir catur
    amatir catur4 hari yang lalu

    Berita ga update kayaknya.. skrng ud uji klinis 3

  • alanglau alanglau
    alanglau alanglau4 hari yang lalu

    jujur dlm hati saya yg pling dlm bahwa saya percaya dgn penelitian dr. terawan.. saya siap lo ada uji coba tes penyuntikan vaksin hasil penelitian dr pada dokter terawan..

  • penggemarkopi
    penggemarkopi4 hari yang lalu

    Kanal "asumsi" ini seperti corong BPOM, mendiskreditkan vaksin nusantara. Tuduhan2 dari kanal ini sangat mudah dipatahkan

  • Aini Candra
    Aini Candra4 hari yang lalu

    Di mana ya bisa dapet vaksin ini,,,lebih baik dapet vaksin buatan dalam negri aja dari pada vaksin cina

  • Theodorus Tanting
    Theodorus Tanting4 hari yang lalu

    Saya di kutai barat kal tim ingin vaksin nusantara

  • Abu Fauzan
    Abu Fauzan4 hari yang lalu

    Tidak sesuai beritanya, coba lihat penawaran yg disampaikan dr terawan ke pada anggota dari fraksi 7, tidak sesuai data

  • Abu Fauzan

    Abu Fauzan

    4 hari yang lalu

    *pemaparan

  • Chanele wong ndeso
    Chanele wong ndeso5 hari yang lalu

    Kami yg didesa pun menanti vaksin ini

  • Yuli Artanto
    Yuli Artanto5 hari yang lalu

    Yg buat narasi mungkin marketingnya sinovac

  • Guprin spd
    Guprin spd5 hari yang lalu

    Video kurang ajar... Dia mau negaranya tetap tertinggal

  • Guprin spd
    Guprin spd5 hari yang lalu

    Kok jauh sekali dgn kenyataan video ini .... Kurang eenak saya tonton๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

  • Deddy Ubaidillah
    Deddy Ubaidillah5 hari yang lalu

    Ini pasti cebong yg beritakan

  • Zaenal Abidin
    Zaenal Abidin5 hari yang lalu

    Ane mau vaksin nusantar.tapi ga mungkin di ijinkan rezim lah kan ga bisa buat korup.pasti dibuat sulit dg berita2 sakit.apalgi pom Uda ga mau ngecek.maunya dri cina aja.DPR rapat2 doang ga bermanfaat buang2 duit

  • INDOWOOD CINEMA TV
    INDOWOOD CINEMA TV5 hari yang lalu

    Jangan saling menjatuhkan kita sudah muak dengan perselisihan, kalau mau jago hadapi luar bukan perang kedalam, mari saling dukung, singsingkan lengan baju, Indonesia ini negara hebat negara kuat, banyak orang hebat di Indonesia ini.jangan berdebat kita tidaK hidup dari perdebatan, kita tidak akan besar dengan perdebatan, kita tidak makan dari perdebatan.

  • INDOWOOD CINEMA TV
    INDOWOOD CINEMA TV5 hari yang lalu

    Segera launching sosialisasikan dan laksanakan, mau 10 x di suntik yang penting aman dan produksi anak bangsa, Indonesia merdeka' Indonesia hebat, maka sempurnakan yg belum sempurna secepatnya, ok repot debat melulu, buktikan dan mari kerjasama elemen anak Bangsa.

  • Brother Doe
    Brother Doe5 hari yang lalu

    Banyak penghianat di negeri sendiri termasuk media abal abal macam gini.

  • Supriyanto Antok
    Supriyanto Antok5 hari yang lalu

    Mending pakai vaksin Indonesia yg otaknya bisnis mesti pakai vaksin cina

  • khusnul Wahyudi
    khusnul Wahyudi5 hari yang lalu

    Love Nusantara

  • aan uyien
    aan uyien5 hari yang lalu

    Ni video tak sokong langsung produk anak negeri....mesti ada bersekongkol dengan mafia vaksin....ada persen komisen vaksin la ni....haram jadah punya bpom

  • RUMAH KELULUT SINTANG
    RUMAH KELULUT SINTANG5 hari yang lalu

    Karya anak bangsa kok susah baget dpat dukungan... Yg setuju dukung karya anak bangsa silahkan LIKE๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

  • Agus Chairul0860
    Agus Chairul08606 hari yang lalu

    Saya juga mendukung produk dalam negeri aja....

  • samuel freya
    samuel freya6 hari yang lalu

    Seandainya untk mendapatkan vaksin nisantara harus bayar.saya ttp pilih vaksin nusantara

  • Quin Cruzz
    Quin Cruzz6 hari yang lalu

    Ada apa dgn pom???

  • Amri Basri
    Amri Basri6 hari yang lalu

    Yg banyak bicara belum tentu bisa bantu indonesia

  • Nanang Basuki Santoso
    Nanang Basuki Santoso6 hari yang lalu

    percuma bikin ijin , tak akan pernah diijinka n... dihalang halangi terus... beda dengan vaksin luar negeri lanhsung uji klinis 3 , hasilnya ?

  • Budi St
    Budi St6 hari yang lalu

    Saya lebih percaya dokter terawan, dokter sitifadilah, daripada WHO

  • Okto Sari
    Okto Sari6 hari yang lalu

    Infomu kadrun

  • Udang Kambing
    Udang Kambing6 hari yang lalu

    Maju terus vaksin nusantara... Bangga dengan Bangsa Indonesia... BPOM kakean salto

  • MOHAMAD SALEH
    MOHAMAD SALEH6 hari yang lalu

    Semoga hasilnya lebih baik untuk pruduk dalam negeri ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ

  • Benyamin Katihara
    Benyamin Katihara6 hari yang lalu

    SAYA LEBIH PERCAYA VAKSIN NUSANTARA DARIPADA VAKSIN DARI LUAR

  • Ltl Lmp
    Ltl Lmp6 hari yang lalu

    SPT NYA INI CHANEL PENDUKUNGNY BPOM ...

  • Ltl Lmp
    Ltl Lmp6 hari yang lalu

    HENTIKAN VAKSIN AZTRAZENECA.. VAKSIN IMPORT SANGAT BERBAHAYA UTK JANGKA PANJANG.. BANYAK MAKAN KORBAN..

  • Dedi Doank
    Dedi Doank6 hari yang lalu

    Cintai produk2 dalam negri,majulah Indonesiaku.

  • Denny Dumbo
    Denny Dumbo6 hari yang lalu

    Vaksin Nusantara Lebih Murah daripada Harus beli vaksin luar. Belum lagi banyak mafia yg ambil keuntungan. Makanya bpom kurang setuju ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Lies Tranti
    Lies Tranti6 hari yang lalu

    Mau dong! Kemana ya cari vaksinnya

  • radar store
    radar store6 hari yang lalu

    BPOM suruh bikin vaksin aja..BPOM ilmunya belom nyampe sono coy ...

  • lostar tarlos
    lostar tarlos6 hari yang lalu

    Sy jg mau di vaksin Nusantara walaupun itu di beli., Sy tdk percaya SM BPOM karna banyak mafia infor di dalam.

  • Sukma Sukma
    Sukma Sukma7 hari yang lalu

    IDI mana bisa bikin vaksin. orang berbakat Di sepelehkan nanti pindah kewarganegaraan nyeselll

  • Chusu inspirator negri
    Chusu inspirator negri7 hari yang lalu

    BPOM adalah....

  • Chusu inspirator negri
    Chusu inspirator negri7 hari yang lalu

    Ayo vaksin Nusantara

  • Aanz 92
    Aanz 927 hari yang lalu

    Semangat dok ๐Ÿ‘

  • muhajir irawan
    muhajir irawan7 hari yang lalu

    Yg melarang vaksin nusantara kayaknya takut barang daganganya kalah saingan.

  • alba
    alba7 hari yang lalu

    Yang impor itu anti gennya cuk. Itu kan ada hak paten

  • alba
    alba7 hari yang lalu

    Saya dukung dr terawan.biarkan anjing menggonggong

  • Jessi Ndud
    Jessi Ndud7 hari yang lalu

    Vaksin Nusantara beli dimana

  • Apon Geh
    Apon Geh7 hari yang lalu

    Kebanyakan kadrun negara sulit maju itu pasti

  • Apon Geh
    Apon Geh7 hari yang lalu

    Ada produk dlm negri dihambat dan segala provokatornya yg lebih berbahaya virus kadrun kadrun

  • Roby Kantor
    Roby Kantor7 hari yang lalu

    Saya minat vaksin nusantara

  • Barry Baster
    Barry Baster7 hari yang lalu

    Vaksim nusantara aman buat jantung dan dari resiko pengentalan darah

  • Ratu Putri
    Ratu Putri7 hari yang lalu

    health.detik.com/berita-detikhealth/d-5608075/terawan-akui-sengaja-gandeng-as-kembangkan-vaksin-nusantara-ini-alasannya Eks Menkes Terawan menyayangkan uji klinis vaksin Nusantara harus terhenti. Ia menjabarkan alasan mengapa menggandeng Amerika Serikat dalam risetnya.

Berikutnya