Silent Killer #1: Darurat Udara Bersih



Tahukah kalian khususnya warga Jakarta, apa isi udara yang kita hirup setiap harinya? Ternyata alat pengukur kualitas udara yang dimiliki Jakarta belum sesuai dengan standar WHO. Dan tahukah kalian, olahraga di pagi hari justru buruk sekali kualitas udaranya!

Executive Producer: Ratna Kartadjoemena
Producer: Andini Effendi
Cameraperson: Rafiu Wibi, Agi Suwasyono, Bintang Gendeng
Editor: Rafiu Wibi, Ravy Raditya, Winanda Panca, Yogo Prakoso
Grafis: Summertime Studio

--------------------------------------------------

Like and follow us on Facebook, Instagram and Twitter @asumsico
and also check our website asumsi.co

Komentar

  • 432372as
    432372as3 hari yang lalu

    uji emisi gas buang pabrik ada gak sih?

  • Cinema DNA
    Cinema DNABulan Yang lalu

    Kalo mau racun rokok hilang... Ilegalkan pabrik rokok... Brani gak?

  • Muhammad Subarkah
    Muhammad SubarkahBulan Yang lalu

    Ini suara Mba Andini Efendi bukan ya? Khas banget suara Q&A Metro

  • Andi Fardian
    Andi FardianBulan Yang lalu

    Kayak nya sih saya tau maksd channel ini kemana. Hehehe

  • Ainur Rofiq
    Ainur RofiqBulan Yang lalu

    G BenerrAnusdGdimonss

  • Galih Perdanainsan
    Galih PerdanainsanBulan Yang lalu

    Nih nonton nih pengguna motor 2tak, sayangi bumimu

  • Heri Rabbani
    Heri Rabbani2 bulan yang lalu

    Untuk mengurangi polusi yg lebih efisien,yg merantau di jakarta,kasih lahan pekerjaan di kampung'a masing" hehehe

  • saifudin zuhri
    saifudin zuhri2 bulan yang lalu

    Ternyata kuah bakso itu berbahaya jika kena mata 😂

  • Calvin Syuhada
    Calvin Syuhada2 bulan yang lalu

    Saya di ciomas bogor msh sejuukkkk

  • Rizqika Alamsyah
    Rizqika Alamsyah2 bulan yang lalu

    maaf, pak/bu/kak, boleh tolong input rujukan data/penelitian yang mana jadi rujukan setiap narasi di video> terima kasih

  • leri pelo
    leri pelo2 bulan yang lalu

    *Ente tinggal dimana braderss....coba dah maen maen ke jaktim pondok rangon..Nature and Healthy* Mencoba berpandangan luas

  • Ahmad Roihan
    Ahmad Roihan2 bulan yang lalu

    pengelolaan sampah indonesia bukan nya gk sempurna malah sangat buruk. diluar negeri itu ada sistem pemilihannya sampai mendetail lah kita? boro2 miliah sampah sampai detail memilah sampah organik dan anorganik aja kagak

  • i am after well
    i am after well2 bulan yang lalu

    Mordor

  • Kefin Janitra
    Kefin Janitra2 bulan yang lalu

    Rata2 pemerintah masih mengabaikan masalah polusi udara. Seakan2 itu tidak penting.

  • Wong GG
    Wong GG2 bulan yang lalu

    اللّهمّ صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد

  • Ervin Daris
    Ervin Daris2 bulan yang lalu

    Olahraga pagi berbahaya? Itu karena olahraga pagi di kota Jakarta kan? Kalau olahraga di desa bagaimana min?

  • Roni Wardani
    Roni Wardani2 bulan yang lalu

    Kasihan mw nafas aja susah

  • bryan pereira
    bryan pereira2 bulan yang lalu

    LOL tergantung tempatnya woi

  • Sajio Blorando
    Sajio Blorando3 bulan yang lalu

    setelah menonton ini apa yang kalian lakukan? apakah ada yang langsung bercocok tanam? memakai transportasi publik? atau hanya berlalu begitu saja?

  • R0MB3NX GAMING
    R0MB3NX GAMING3 bulan yang lalu

    Untung udah pindah kekampung 😁

  • Udin Bata
    Udin Bata3 bulan yang lalu

    Kok malah mikir udara,..ingat KEIMANAN...!! ... yang penting SEIMAN !!! TAKBIR !!!,,,

  • ASIDO OFFICIAL
    ASIDO OFFICIAL3 bulan yang lalu

    Untung Aku anak Medan,,, Anti Macet macet 😄,, itu pun macet karna lampu merah lagi Mati dan ada yang crash

  • B. Josep
    B. Josep3 bulan yang lalu

    bagian kalian yang lagi rajin2nya sepeda dan lari baik yang beneran atau konten doang....wkwkw bisa aja mba e...

  • Pul
    Pul3 bulan yang lalu

    Solusi terbaik adalah ganti ke motor dan mobil listrik!

  • Adam Firdaus
    Adam Firdaus3 bulan yang lalu

    Thumbnailnya hanya merusak kualitas dari konten, sebaiknya diganti atau dilengkapi. Jika percaya dengan kualitas isi konten, tak usah membuat thumbnail yg click bait dan misleading

  • Adam Firdaus
    Adam Firdaus3 bulan yang lalu

    Thumbnailnya tidak mendidik

  • Adhi
    Adhi3 bulan yang lalu

    5:06 keliatan kalo tanggal tua lebih bersih udaranya

  • Riyadh Hakim
    Riyadh Hakim3 bulan yang lalu

    Kasian para manusia Jakarta

  • Adedina Ab
    Adedina Ab3 bulan yang lalu

    Pindah ke Bogor ah

  • Richard Darsono
    Richard Darsono3 bulan yang lalu

    Sponsored content?

  • Tokugawa Kenji
    Tokugawa Kenji3 bulan yang lalu

    Gimana mau bersih jakarta. Kendaraan umum D sana aja klw D tes. Pasti banyak yg tidak lulus uji emisi. Tp yg saya heran, pemprov nya lebih banyak nilang soal parkir sembarangan, bukan mengecek kadar emisi setiap kendaraan2 di jakarta. Trus orang2 kaya D jakarta mempunyai mobil yg lebih dari 2 setiap rumah. Intinya jakarta tidak ada ketegasan baik dalam pengelolaan kepemilikan kendaraan dan kelayakan kendaraan.

  • Doraenom ✔
    Doraenom ✔3 bulan yang lalu

    ngeri sangat boskuh.. enak tinggal di pedesaab

  • DRJCK HCLW
    DRJCK HCLW3 bulan yang lalu

    jadi yg kemaren di bangga2in sama gubernur jakarta di depan para petinggi2 negara lain itu omong kosong doank kah??

  • Taufik Waluyo
    Taufik Waluyo3 bulan yang lalu

    Gak ush banyak protes! Kurangi gunakan kendaraan pribadi. Kebanyakan org Jakarta kedepan rumah aja pake motor! Bikin polusi sendiri protes sendiri! Aneh:v

  • Ericha Nawky
    Ericha Nawky3 bulan yang lalu

    Kenapa di luar negeri ga banyak polusi,karena di luar negeri tuh mereka lebih baik jalan kaki, dari pada naik kendaraan, dan kalau di lihat lihat indonesia bisa gak ya kaya gitu

  • Grace
    Grace3 bulan yang lalu

    Masii bingung kenapa orang luar sehari hari bisa lebih jalan kaki/naik sepeda daripada naik motor atau mobil

  • nikah muda
    nikah muda3 bulan yang lalu

    Makan nasi juga bahaya min, Kalo km sekali makan seember nasi. Langsung modar

  • Iwan Nur Rahman
    Iwan Nur Rahman3 bulan yang lalu

    Asumsi memang cenel yg paling asik buat nambah wawasan dan sudut pandang.. 👍🏻

  • nicko sandi ofc
    nicko sandi ofc3 bulan yang lalu

    Wadaw

  • Z
    Z3 bulan yang lalu

    Aku di jakarta barat, akhir ini udara jelek banget. Bernafas kayak hirup debu. Padahal tinggal di dalam perumahan bukan pinggir jalan raya.

  • candycrush
    candycrush3 bulan yang lalu

    HILIH QINTIL

  • Adjojos joe
    Adjojos joe3 bulan yang lalu

    Kapan sih jkt hancur?!.. negara seluas ini yang dibahas dan dirisaukan jakarta melulu..

  • Mc Ray
    Mc Ray3 bulan yang lalu

    kwkwwk tolongggg nis

  • DTo
    DTo3 bulan yang lalu

    Makanya ibukota negara mau dipindah ke Kalimantan. 🤭

  • Ida Bagus Teguh Teja Murti
    Ida Bagus Teguh Teja Murti3 bulan yang lalu

    Kamu lupa judulnya * .. di Jakarta. Please Indonesia gak hanya jakarta

  • Eko Kansil
    Eko Kansil3 bulan yang lalu

    Bikin Regulasi Kayak Singapura. Memiliki mobil harus membayar biaya surat kepemilikan mobil dua kali lipat dari harga mobil dan mobil ditarik setelah 10 tahun dipakai. 5 tahun sesudah pemakaian harus memperpanjang lagi biaya izin kepemililkan mobil dua kali lipat dari harga mobil.

  • edi 8161
    edi 81613 bulan yang lalu

    Gas gas gas....

  • Hijrah Cell
    Hijrah Cell3 bulan yang lalu

    Awoakwok bangga banget tinggal dan pergi ke jakarta, padahal mah daerah silent killer

  • Krisnata Dharma
    Krisnata Dharma3 bulan yang lalu

    Dari yg paling mendasar dulu yuk berhenti merokok. Apalagi perokok yang ga peduli merokok d tmpat umum. Enak sendiri sakit bagi2 :D

  • Muhammad Usama

    Muhammad Usama

    3 bulan yang lalu

    Yaelah rokok ga rokok mati, lagian dengan ngerokok jga bantu pemasukan buat negara Begitu kata si perokok yg ga peduli ngerokok di tempat umum dan jga puntungnya yg dibuang sembarangan

  • susu sapi jantan
    susu sapi jantan3 bulan yang lalu

    Ke indomaret aja naek motor

  • Arya Bintang
    Arya Bintang3 bulan yang lalu

    Dan jangan lupa bahwa jari mu dan mulut mu juga Berbahaya.

  • OKAN CORNELIUS
    OKAN CORNELIUS3 bulan yang lalu

    makanya aku nggak pernah tertarik hidup di jakarta,

  • Edwin Buntoro
    Edwin Buntoro3 bulan yang lalu

    “keuntungan tetap lebih dari kerugian” jadi mending olahraga apa engga ya ngebingungin. intensitasnya seberapa banyak jadi maksimal

  • dika maulana
    dika maulana3 bulan yang lalu

    Ini yang jadi VO alias Voice Over kok suaranya kaya gak asing ya wkwk

  • Dirman Bw
    Dirman Bw3 bulan yang lalu

    4:59 maksudnya gmn?!

  • Eat Me
    Eat Me3 bulan yang lalu

    Ada judul "Tenggelamnya Ibukota"? Klo lihat liputan pantura rumah rumah yang dinaikan tingginya jd serem boy

  • Gede Oxa
    Gede Oxa3 bulan yang lalu

    Ohhh Jakarta

  • Godza Bomni
    Godza Bomni3 bulan yang lalu

    VIRALKAN UP

  • Godza Bomni
    Godza Bomni3 bulan yang lalu

    VIRALKAN UP

  • Godza Bomni
    Godza Bomni3 bulan yang lalu

    VIRALKAN UP

  • Godza Bomni
    Godza Bomni3 bulan yang lalu

    VIRALKAN UP

  • Godza Bomni
    Godza Bomni3 bulan yang lalu

    VIRALKAN UP

  • Godza Bomni
    Godza Bomni3 bulan yang lalu

    VIRALKAN UP

  • Godza Bomni
    Godza Bomni3 bulan yang lalu

    VIRALKAN UP

  • Godza Bomni
    Godza Bomni3 bulan yang lalu

    VIRALKAN UP

  • Godza Bomni
    Godza Bomni3 bulan yang lalu

    VIRALKAN UP

  • BliGede
    BliGede3 bulan yang lalu

    Separah itu

  • DuaTiga
    DuaTiga3 bulan yang lalu

    Em. Iklan to

  • sumber berkah
    sumber berkah3 bulan yang lalu

    Kalian yg menghasilkan polusi kalian sendiri juga lah yg makan tuh polusi👎

  • Sellaintan 73
    Sellaintan 733 bulan yang lalu

    Untung gue lari nya di tangsel🤣

  • Luthfian Zuhri Gustsa
    Luthfian Zuhri Gustsa3 bulan yang lalu

    Jika udara dipagi hari memiliki polusi udara yang cukup tinggi, lalu bagaimana bisa udara dipagi hari cukup segar?

  • Damiano Frankline
    Damiano Frankline3 bulan yang lalu

    Judulnya misleading karena ini isu di kota besar aja. Kalo dibilang olahraga pagi berbahaya jadinya ga masuk sama sekali buat orang yg tinggal di daerah yg udaranya bersih kaya di desa. Mohon dikoreksi tim Asumsi

  • 432372as

    432372as

    3 hari yang lalu

    aslinya nggak cuma kota besar, karena udara bergerak nggak diam. Luasan daerah paparannya bisa jadi mencakup daerah-daerah yang jauh lebih luas.

  • Melkhy jho 02

    Melkhy jho 02

    Bulan Yang lalu

    @KEESA -z

  • Lea sanang Lea

    Lea sanang Lea

    Bulan Yang lalu

    @bryan pereira Pll

  • bryan pereira

    bryan pereira

    2 bulan yang lalu

    Yoiii

  • KEESA

    KEESA

    2 bulan yang lalu

    mr copywriter... there's a problem

  • dirty fades
    dirty fades3 bulan yang lalu

    Gak Jakarta gak rame😂✌️

  • Random Photograph
    Random Photograph3 bulan yang lalu

    Jakarta, di daerah mah beda

  • Davis Felix
    Davis Felix3 bulan yang lalu

    Makanya biasakan yang tidak ada kepentingan untuk naik sepeda saja daripada naik motor malas jalan kaki dan harga BBM juga menguras uang. Tirulah Jepang negara pembuat motor dan mobil saja penduduknya kebanyakan jalan kaki dan tidak buang sampah sembarangan. Kalau di ASEAN mungkin Singapura.

  • Ngapakman
    Ngapakman3 bulan yang lalu

    kota amburadul, males bgt sy liat suasana jkt. hidup di Kalimantan lebih nyaman dg suasana yg ga sesak dg manusia

  • A Yafi
    A Yafi3 bulan yang lalu

    Jakarta pollution nya parah bet sih, gw abis lama di luar kota and balik ke jakarta liat langitnya gelap bet pas diluar kota langitnya biru

  • Icang Juli
    Icang Juli3 bulan yang lalu

    saya sangat suka dengan ulasan seperti ini

  • Ipan ingin Hijrah
    Ipan ingin Hijrah3 bulan yang lalu

    KEBANYAKAN PERANTAU

  • Ge Sud
    Ge Sud3 bulan yang lalu

    konten bagus ini, masukan dong, musiknya masih kegedeaan, kecilin dikit biar jadi ambient sound jangan jadi saingan volume sama narator,

  • arif in
    arif in3 bulan yang lalu

    Ada tulisan thai nnya

  • H. Dani Amuntai
    H. Dani Amuntai3 bulan yang lalu

    Hidup lah di hutan Papua pasti bersih udaranya

  • sae24
    sae243 bulan yang lalu

    jadi pengaruh psbb itu hanya secuil persen ya terhadap pengurangan polusi jakarta?

  • engkeq broo
    engkeq broo3 bulan yang lalu

    jangan tanya 10th kedepan akan lbh baik ,15 th utk pembenahan udara saja ,belum konflik politik dan agama yg g bakal kunjung Selesai . Belum mengenai Kwalitas pemimpin Jakarta yg g Punya Integritas dan tanggung jawab ..Selamat hidup didunia tipu tipu 😁😁😁

  • Christian Siauwijaya
    Christian Siauwijaya3 bulan yang lalu

    Polusi udara paling tinggi dimalam hari dan pagi hari sampai jam 12 siang. Hmm... Waktu puncak polusinya berpapasan sama puncak pemakaian listrik juga tuh. Kemungkinan polusi udara jakarta kontribusi terbesarnya datang dari asap pembangkit tenaga listrik.

  • Satria W Kurniawan
    Satria W Kurniawan3 bulan yang lalu

    ngerokok di jakarta bisa lebih cpet ketemu Tuhan

  • 16averro
    16averro3 bulan yang lalu

    Mobil motor listrik wajib di jakarta

  • Eco Lifestyle
    Eco Lifestyle3 bulan yang lalu

    beli motor gesits

  • Zen Nugroho
    Zen Nugroho3 bulan yang lalu

    Next : "setelah Jakarta kemudian Kalimantan"

  • Zen Nugroho

    Zen Nugroho

    3 bulan yang lalu

    @DRJCK HCLW kasihan bro opet di Upin Ipin the movie. Si opet kan rumahnya di dalam hutan Kalimantan... Bisa terjamah manusia dong

  • DRJCK HCLW

    DRJCK HCLW

    3 bulan yang lalu

    ga akan sih..bagaimanapun tetap mungkin kalimantan akan jadi ibukota pemerintahan..tapi ibukota ekonomi tetep jakarta..mungkin suatu saat juga kalimantan akan seperti jakarta..tapi ga akan sebentar..mungkin perlu 20 tahun untuk menjadi se sentral jakarta.

  • Positive Internet
    Positive Internet3 bulan yang lalu

    Lee myanmar

  • Septian Yudhi Wicaksono
    Septian Yudhi Wicaksono3 bulan yang lalu

    panik gak

  • Deni Romdoni
    Deni Romdoni3 bulan yang lalu

    Pantesan di gugel cuaca, suka muncul jakart bla bla derajat kabut asap

  • Fandi Akhmad
    Fandi Akhmad3 bulan yang lalu

    Baguslah sekarang udah mulai diwajibkan uji emisi kendaraan

  • cakrawala katulistiwa
    cakrawala katulistiwa3 bulan yang lalu

    1:35 kalau jumlah co2 di udara 1 % saja orang langsung sesak napas. Tapi jika 10% semua makhluk hidup mati . Sulfur dari bahan bakar bermotor bagaimana

  • cakrawala katulistiwa
    cakrawala katulistiwa3 bulan yang lalu

    Jakarta layak huni kah

  • Apria Nugraha
    Apria Nugraha3 bulan yang lalu

    My hometown can't relate

  • SKY RYOGA
    SKY RYOGA3 bulan yang lalu

    perbanyak jalur MRT dan LRT, Bangkok dan KL sudah ratusan km, Jakarta baru 16km dengan penduduk puluhan juta :( Perbanyak Apartmen dan rusun, Sehingga pengolahan sampah akan lebih mudah.

  • BAGUS SAPUTRO_136
    BAGUS SAPUTRO_1363 bulan yang lalu

    Trus andai kata jakarta tidak layak huni, apakah penduduknya akan pindah dan menciptakan jakarta jakarta lain?

  • Adam Sukarno
    Adam Sukarno3 bulan yang lalu

    Gini mau gusur hutan di daerah daerah buat jadi tambang atau lahan wisata, duitnya lu yg pegang susahnya bareng bareng 😀

  • Yohalim Sukamto
    Yohalim Sukamto3 bulan yang lalu

    Bersepeda bukan hanya olahraga, tetapi juga sebagai alat transportasi, jadi resiko cyclist jika gowes saat polusi sedang tinggi-tingginya. Semoga saya dan para goweser yg lain dapat membantu mengurangi polusi udara 🚴🚴🚴🏼‍♀️🚴🏼‍♀️

Berikutnya