Silent Killer #3: Membunuh Perlahan

5.1 Triliun Rupiah adalah kerugian yang diderita warga Jakarta akibat polusi hanya dari satu sumber yaitu, PLTU. Tapi harga ini tidak setara dengan kerugian kesehatan yang dialami setiap insan warga Jakarta dan yang datang ke Jakarta untuk bekerja. Kelompok yang paling rentan terhadap polusi udara adalah lansia dan anak - anak. Bahkan, bahaya stunting menghantui bayi dan anak - anak. Apa saja yang harus dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat untuk bisa meninggikan harapan hidup seluruh warga DKI Jakarta?

Executive Producer: Ratna Kartadjoemena
Producer: Andini Effendi
Cameraperson: Rafiu Wibi, Agi Suwasyono, Bintang Gendeng
Editor: Rafiu Wibi, Ravy Raditya, Winanda Panca, Yogo Prakoso
Grafis: Summertime Studio



--------------------------------------------------

Like and follow us on Facebook, Instagram and Twitter @asumsico
and also check our website asumsi.co

Komentar

  • AGUNG ADI
    AGUNG ADIBulan Yang lalu

    4:13 kalo di jepang sih setiap hari jalan kaki karena udaranya bersih jadi lebih suka jalan kaki daripada naik motor atau mobil

  • Herwan Saputra
    Herwan Saputra2 bulan yang lalu

    Silent Killer : Polusi Udara Dan hutang......

  • Ressato
    Ressato2 bulan yang lalu

    Bikin air purifier di tiap gedung tinggi Jakarta

  • ipank #H4
    ipank #H42 bulan yang lalu

    Sekarang kaya gagal ginjal, jantung, penyakit killer lainnya nyerang generasi muda salah satunya dari polusi udara racun yg dihirup, beda pas zaman Majapahit org zaman dulu byk yg panjang umur

  • Kefin Janitra
    Kefin Janitra2 bulan yang lalu

    Selanjutnya tolong membahas kondisi hutan kita dong🙏

  • yodik marpaung
    yodik marpaung2 bulan yang lalu

    poin terakhir itu, emangnya org2 pemerintah itu org2 bodoh yg ngga tau itu semua? ingat, kita tidak kekurangan org pintar, kita kekurangan org jujur

  • Ardhie Hadianto
    Ardhie Hadianto2 bulan yang lalu

    Polusi semakin tinggi, Sea Level semakin naek tiap tahunnya, lama - lama Jakarta akan jadi kota yang tidak layak huni sedangkan pusat bisnis masih banyak berpusat di Jakarta.... Nunggu pemerintah beresin masalah - masalah ini lama dan bisa jadi pemerintah beraksi sudah terlalu terlambat.... so untuk individu masyarakat apa yang bisa dilakukan untuk membantu membuat kualitas udara membaik? selain jalan kaki dan memakai transportasi umum apa ada usaha lain yang bisa dilakukan setiap individu masyarakat? apakah dengan menanan tanaman di rumah masing2 membantu menaikan kualitas udara?

  • zerdadukid
    zerdadukid2 bulan yang lalu

    natural selection as its finest

  • fian rofiandi
    fian rofiandi2 bulan yang lalu

    Isi kontennya bagus, tapi terakhirnya sinis tanpa kasi solusi 🤷‍♂️

  • Gudal Kuning
    Gudal Kuning3 bulan yang lalu

    ga bisa berkata apa" min

  • Lig Argis
    Lig Argis3 bulan yang lalu

    Ganti mobil listrik

  • Muhammad Baiquni Mahendra
    Muhammad Baiquni Mahendra3 bulan yang lalu

    liput polusi udara di sukoharjo dong min limbah dari pt rum sukoharjo

  • Doflamingo
    Doflamingo3 bulan yang lalu

    Untuk mengatasi polusi udara yg buruk dijakarta. Kenapa pemerintah Jakarta tidak membuat peraturan 1 kk (kartu keluarga) hanya boleh memiliki 1 mobil pribadi dan juga harus memiliki garasi pribadi.? Dengan catatan kalau peraturan itu ditetapkan harus di imbangin dengan transportasi umum yg memadai. Ya itu sih saran saya saja wkwkwk 😂.

  • BANG JUGUL
    BANG JUGUL3 bulan yang lalu

    Berapa banyak sih dari kalian yang mau jalan kaki dengan jumlah polusi sebanyak sekarang ini?

  • Fandi Nasution
    Fandi Nasution3 bulan yang lalu

    Asumsi bikin juga dong video banyaknya pesepeda yg naik mobil dari rumah sampe sudirman, terus naik sepeda muter2 sudirman cuma buat konten. Wawancarain tuh manusia2 budak konten!.

  • Iswara
    Iswara3 bulan yang lalu

    Terimakasih asumsi! Masukan untuk Pemprov DKI Jakarta

  • Ardiansyah Firdaus
    Ardiansyah Firdaus3 bulan yang lalu

    Itu sebabnya Indonesia Harus punya Nuklir

  • Frank Aja
    Frank Aja3 bulan yang lalu

    Y inilah semakin modern smkin mudah aktifitas pasti ada resikonya polusi slh satunya,apa mau manusia jman skrng hidup ky jmn dlu,naik sepeda,jalan kaki atau naik bus

  • Bintang Wahyu
    Bintang Wahyu3 bulan yang lalu

    Teori yes, implementasi no

  • Khomeini
    Khomeini3 bulan yang lalu

    Klo ulama2 Islam di seluruh dunia mengeluarkan fatwa "mengharamkan penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak." Gmn y?

  • Ahmad Fachrulrozi
    Ahmad Fachrulrozi3 bulan yang lalu

    Seharusnya ini konten harus tranding biar pada sadar

  • Muhammad Zidni Ngilma
    Muhammad Zidni Ngilma3 bulan yang lalu

    Dan gue juga bersyukur hidupnya di desa dimana yang kalau pagi hari udaranya beuuuhhhh.. segarnya seperti air es

  • Muhammad Zidni Ngilma
    Muhammad Zidni Ngilma3 bulan yang lalu

    Makanya.. tirulah Negara Jepang.. Jepang itu padahal negara penghasil otomotif, tapi rakyatnya malah pakai sepeda dan transportasi umum.. gak ada tuh yang namanya pamer dan gengsi gengsian.. Indonesia emang tolol, sudah banyak percontohan tapi gak mau meniru.. goblok

  • Fatur Rahman
    Fatur Rahman3 bulan yang lalu

    Yuk mulai nanam pohon atau tanaman setidaknya itu bisa mengurangi juga karena tanaman bisa menyerap polusi dan menghasilan oksigen yg baik buat kita

  • Fatur Rahman
    Fatur Rahman3 bulan yang lalu

    Mulai dari diri sendiri

  • Ida Rosida
    Ida Rosida3 bulan yang lalu

    Terima kasih ASUMSI pertahankan mbak narator nya ..enak banget suara nya

  • Lina Sep
    Lina Sep3 bulan yang lalu

    Dulu pernah ke daerah jkt karena mau daftar kampus. Tapi setelah liat gimana keadaan disana yg panas dll. Dan mungkin karena terbiasa hidup di daerah gunung yg sejuk akhirnya saya bilang ke orangtua walapun nanti lolos saya tidak mau kuliah disana.

  • Tambat Irawan
    Tambat Irawan3 bulan yang lalu

    Good job asumsi, cerdaskan bangsa lewat informasi

  • Aprilia Pravianti S
    Aprilia Pravianti S3 bulan yang lalu

    Kalo cuma masyarakat yang berubah sedangkan industri yang menyumbang polusi ga berubah, apakah akan terjadi perbaikan kualitas udara yang signifikan? 🙂

  • Qhi Bam
    Qhi Bam3 bulan yang lalu

    ngga menarik

  • ganteng cakep
    ganteng cakep3 bulan yang lalu

    gerakan kembali ke desa adalah solusi

  • Eat Me
    Eat Me3 bulan yang lalu

    Mari kita mulai "the purge"

  • Supri Yatna
    Supri Yatna3 bulan yang lalu

    Oh ini chanel BUZZER ya? Mangagungkan PEMBERINTAH PUSAT (jokowidodo) dan menyalahkan PEMBERINTAH DKI ( anies baswedan)

  • Singgih Dewan
    Singgih Dewan3 bulan yang lalu

    Polusi dari ahli hisap (Perokok) apakah berkontribusi? 😂

  • Nabila Josah
    Nabila Josah3 bulan yang lalu

    Kalian takut gak nanti harus beli udara bersih gitu kayak yg ditiongkok?

  • saya adalah saya
    saya adalah saya3 bulan yang lalu

    Jakarta sih udh parah banget sih apalgy yg paling merasakan dampaknya adalah masyarakat menengah ke bawa, syukur saya di papua udaranya masih fresh.

  • FILM BUKU
    FILM BUKU3 bulan yang lalu

    Polusi udara dapat diklasifikasikan menjadi dua yakni di dalam ruangan dan luar ruangan. Dalam kasus indeks udara buruk di Jakarta, pemicunya utamanya adalah polusi udara yang terjadi di luar ruangan, seperti dari asap kendaraan dan sebagainya. Semoga ada konversi moda transportasi umum yang tadinya menggunakan bahan bakar fosil menjadi listrik, dan diikuti juga dengan kendaraan pribadi. Terlebih lahan hijau yang terus berkurang, dapat ditingkatkan, mungkin dengan memperbanyak taman-taman vertikal.

  • Hadi 10
    Hadi 103 bulan yang lalu

    Makanya, ekonomi jangan diputar di Jabodetabek aja😑, masa' duit yg muter di Indo, 70% muter di sana, sisanya kesebar di seluruh Indo

  • Syaifudin Alxzr
    Syaifudin Alxzr3 bulan yang lalu

    Kalau banyak yg mati itu bagus krn memang hidup ya harus mati

  • Alif Alawi
    Alif Alawi3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • Your Majesty

    Your Majesty

    3 bulan yang lalu

    @Alif Alawi salam kenal jga bro

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    @Your Majesty entahlah. Tidak ada alasan khusus. Ngomong2, salam kenal.

  • Your Majesty

    Your Majesty

    3 bulan yang lalu

    Kenapa harus nyepam bang?

  • Alif Alawi
    Alif Alawi3 bulan yang lalu

    "Kalo bunuh ya bunuh aja, gw tetep ngerokok." Kata teman gw.

  • helmicartal
    helmicartal3 bulan yang lalu

    trending kan

  • Davis Felix
    Davis Felix3 bulan yang lalu

    Makanya biasakan yang tidak ada kepentingan untuk naik sepeda saja daripada naik motor malas jalan kaki dan harga BBM juga menguras uang. Tirulah Jepang negara pembuat motor dan mobil saja penduduknya kebanyakan jalan kaki dan tidak buang sampah sembarangan. Kalau di ASEAN mungkin Singapura.

  • Kautsar %

    Kautsar %

    3 bulan yang lalu

    Kata orng2 pajak kendaraan, biaya parkir & bengkel kendaraan di singapura mahal. Klo di indonesia, pemerintah manjain pengusaha mobil & kredit mobil.

  • stewie 92
    stewie 923 bulan yang lalu

    Terus mau apa. Hidup dalam ketakutan

  • coyZ
    coyZ3 bulan yang lalu

    Sebenernya akar permasalahanya itu pada kesadaran dari setiap individu masyarakatnya yg kurang.

  • Surya Aditya

    Surya Aditya

    3 bulan yang lalu

    Betul, pengen punya negera bersih kyk jepang, tapi ngga mau ngikutin kedisiplinan masyarakat Jepang. Konyol emang

  • Aguste Comte
    Aguste Comte3 bulan yang lalu

    Semangat galakan narasi tentang polusi

  • BCJ URANIUMX
    BCJ URANIUMX3 bulan yang lalu

    Darurat Indonesia

  • ninth
    ninth3 bulan yang lalu

    1 kalimat aja, krn sudah terlalu padat pembangunan industri disana makanya polusi makin tak terhindarkan

  • Rifky Setyawan
    Rifky Setyawan3 bulan yang lalu

    Pindah swiss ajalah... Yang banyak ijo2

  • RN Rani
    RN Rani3 bulan yang lalu

    Saya merasakan benar saat merantau ke jakarta 8 tahun yang lalu. Sepertinya udara selalu disana terlalu sesak. Apalagi kaum menengah kebawah yang tidak punya ruang lingkup yang baik. Hidup di jakarta berasa sesak, udara gak segar.

  • Gana
    Gana3 bulan yang lalu

    Root cause-nya: ketidakmerataan ekonomi. Otomatis banyak orang ke jakarta. Pemukiman padat, penggunaan kendaraan tinggi, dan seterusnya.

  • ArdenzL

    ArdenzL

    3 bulan yang lalu

    Jarang ada yang mikir sampai sini ngab...

  • Rizky Ramadhan
    Rizky Ramadhan3 bulan yang lalu

    Contoh kecil mengurangi polusi udara yaitu dengan menggunakan mobil/motor listrik dengan regulasi aturan yg jelas dan fasilitas yg memadai..

  • fajaru dowi A
    fajaru dowi A3 bulan yang lalu

    Mau hidup sehat susah yaaa; Jogging/gowes polusi udara, makan ikan2 laut tapi tercemar micro-plastic, makan sayur tapi tercemar pestisida. Huufftt.

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • Rafi Nur Romadhon
    Rafi Nur Romadhon3 bulan yang lalu

    konten kelas, harusnya konten kayak gini nih yang viewersnya jutaan, tapi ya udah lah ya, masyarakat emang sukanya haha hihi nggak jelas, mungkin haha hihi itu yang bisa meningkatkan harapan hidup terima kasih Asumsi, terima kasih Kak Andini Effendi 🔥

  • Ongky Liu
    Ongky Liu3 bulan yang lalu

    Kunci utamanya yaa pemerintah harus tegas. Bikin UU yg jangan pandang bulu.

  • maria anna indita hernawati

    maria anna indita hernawati

    3 bulan yang lalu

    yg bikin uu bkn pemerintah atau eksekutif, tapi yudikatif atau dpr

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • Lirik Kuu
    Lirik Kuu3 bulan yang lalu

    Bukan cuma tugas kementrian lingkungan hidup dan menkes , tetapi juga masyarakat luas ..

  • Eco Lifestyle
    Eco Lifestyle3 bulan yang lalu

    udah lah penyumbang nya kita kita juga yang harus beubah ya kita

  • Eco Lifestyle
    Eco Lifestyle3 bulan yang lalu

    gas beli motor gesits

  • Ali Fari Fakhrozi
    Ali Fari Fakhrozi3 bulan yang lalu

    Saya yang suka berjalan kaki dan bersepeda merasa kurang di hargai di Jakarta soalnya walaupun jalan kaki kadang masih kena macet dan begitu juga sepeda plus polusinya. Jadi harus gimana belajar parkour.

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • Ruben Onse
    Ruben Onse3 bulan yang lalu

    Hmm siapa yang salah, yasudah lah semua salah tapi kami bodo amat chuaksss

  • William Lie
    William Lie3 bulan yang lalu

    Polusi udara bs di kendalikan oleh jakarta Just info aja sih. Coba di cek Air Visual jam yg sama sample jam 8pm tgl 23/4/2021 dan bandingkan dgn tgl hari ini 24/4/2021 jam 8pm yg sama. Beda tuh tingkat polusinya. Sedangkan kekuatan angin tgl 23/4 dan 24/4 di jam yg sama yaitu jem 8, juga sama.. hahaha boleh deh jd bahan rujukan unt video selanjutnya yaa min 🤠

  • alesha mutiara zahra CHANNEL
    alesha mutiara zahra CHANNEL3 bulan yang lalu

    Apakah jika ibu kota pindah ke kalimantan akan menjadi jakarta part 2

  • Rizkhy Destatama

    Rizkhy Destatama

    3 bulan yang lalu

    enggak seharusnya, karena yang bikin rame jakarta kan bukan pemerintahannya tapi komersial nya. tapi kalau kedepannya di sekitar ibukota baru tiba2 muncul kerajaan komersial baru ya bisa saja jadi rame. makanya semoga penduduk awal di sana orang2 yang sadar akan lingkungan jadi keturunan2 dan cara hidup masyarakatnya akan berbeda.

  • adysa
    adysa3 bulan yang lalu

    Trus gw mau ngadu kmana??? btw gw bike to work udah hampir 2 thn

  • Absurd Inc.
    Absurd Inc.3 bulan yang lalu

    Org2 yg hidup di wilayah pengelolaan batu bara ketawa melihat konten ini

  • Sellaintan 73
    Sellaintan 733 bulan yang lalu

    Kaka saya udah menjadi korban dr polusi Jakarta,dia tidak merokok,bahkan anti asap rokok.. tetapi sekarang dia bolak balik harus di opname karena penyakit paru paru..

  • Sellaintan 73

    Sellaintan 73

    3 bulan yang lalu

    @Ali Fari Fakhrozi terima kasih ya untuk empati nya..semoga kamu senantiasa sehat dan kuat selalu💪

  • Ali Fari Fakhrozi

    Ali Fari Fakhrozi

    3 bulan yang lalu

    Saya turut prihatin terimakasih atas infonya.

  • Sellaintan 73

    Sellaintan 73

    3 bulan yang lalu

    @Ali Fari Fakhrozi sejak lahir dia di jakarta, lalu bekerja sebagai sales merchandisers yg mana sepanjang waktu dia habiskan dijalan..mengunjungi beberapa toko..

  • Ali Fari Fakhrozi

    Ali Fari Fakhrozi

    3 bulan yang lalu

    Berapa usianya saat datang ke Jakarta dan saat terkena penyakit paru?

  • cakrawala katulistiwa
    cakrawala katulistiwa3 bulan yang lalu

    3:27 min itu kan lambang pembangkit listrik tenaga nuklir . Itu kan gak mengahasilkan polusi udara apa pun

  • cakrawala katulistiwa
    cakrawala katulistiwa3 bulan yang lalu

    Seperti London 1950

  • Trias Fernandhy
    Trias Fernandhy3 bulan yang lalu

    Udara Jakarta bersih saat tradisi mudik libur lebaran, tapi udh 2thn ini dilarang mudik auto ngebul terus nih Jakarta

  • Idham Fajar Ramadhan
    Idham Fajar Ramadhan3 bulan yang lalu

    Menteri LKH AFK?

  • Extinction Rebellion Indonesia
    Extinction Rebellion Indonesia3 bulan yang lalu

    mirisnya, listrik kita sudah oversupply, tapi sampai sekarang masih ada 2 PLTU baru yang mau dibangun, meski tidak dibutuhkan, membahayakan dan sudah dihitung akan merugikan negara setiap tahunnya dari segi operasional. Semua demi industri batubara

  • Muhammad Usama

    Muhammad Usama

    3 bulan yang lalu

    proyek PLTU 35k MW proyek pemersatu partai² hahaha

  • Frida

    Frida

    3 bulan yang lalu

    Meanwhile masih banyak daerah pelosok Indonesia yg blm punya akses listrik, alih2 fokus mendistribusikan akses listrik secara lebih merata, ini malah bangun pembangkit listrik di daerah yg udh kelebihan listrik. Hadeeeh

  • Gondrong Petualang

    Gondrong Petualang

    3 bulan yang lalu

    Betul, karena limbah PLTU pun dampaknya itu sungguh sangat membahayakan untuk kesehatan masyarakat sekitar..

  • Ask. Bahar
    Ask. Bahar3 bulan yang lalu

    Mungkin menarik bila industri penyumbang pulusi membayar pajak lingkungan kepemerintah..

  • ArdenzL

    ArdenzL

    3 bulan yang lalu

    Itu sudah pasti...

  • Naufal Blyat mafaza
    Naufal Blyat mafaza3 bulan yang lalu

    "pengurangan setengah populasi secara random adalah koentdji nya" *Si Ubi ungu

  • Andromax BSE

    Andromax BSE

    Bulan Yang lalu

    Insect!!

  • aakusumah_

    aakusumah_

    3 bulan yang lalu

    Genocide

  • Kufur Nikmat

    Kufur Nikmat

    3 bulan yang lalu

    Thonos

  • Vikri Haqqi
    Vikri Haqqi3 bulan yang lalu

    Polusi ditambah ngudud jadi dehh satu kesatuann

  • ReBahanerS
    ReBahanerS3 bulan yang lalu

    Langit biru jarang terjadi di Jakarta, dikampung tiap hari di manjakan langit biru dan awan awan yang indah, di Jakarta tertutup kabut polusi tak nampak awan ataupun langit biru

  • Pencari Kebenaran
    Pencari Kebenaran3 bulan yang lalu

    Kadang DLH nya ga tepat sasaran. Gudang supply barang aja disuruh cek grey water, cek ambient udara, sampai sound level meter. Nahh pabrik penghasil polusi, yang buang limbah pas curah hujan tinggi malah di diamkan Ini gmana mau bener, bahasanya gini. Kalian tajam kayak silet ke wirausahawan yang bahasa kasarnya bukan "pelaku" tapi kalian selalu ngomong ini regulasinya. Lahh itu pabrik besar kalian diam?

  • and channel
    and channel3 bulan yang lalu

    Kota ini terlalu lama dibangun dengan keegoisan dan keserakahan!

  • Gasing Tengkorak
    Gasing Tengkorak3 bulan yang lalu

    kerah biru tetang peleburan aki bekas doang min

  • Ali Fari Fakhrozi

    Ali Fari Fakhrozi

    3 bulan yang lalu

    Asap dari peleburan aki bekas mengandung timbal oksida kalau terhirup bisa merusak sel neuron di otak alias (jadi makin bego)

  • Rosyid Asidiqi
    Rosyid Asidiqi3 bulan yang lalu

    masih ASUMSI ...jangan dipercaya

  • Remember Gog Magog
    Remember Gog Magog3 bulan yang lalu

    Next bahas Silent Killer: Gula kristal tersembunyi, manis tapi mematikan. Atau bahas Silent Killer: Obsesi Berlebih Pada Gorengan dan Minyak Kelapa Sawit.

  • rio

    rio

    2 bulan yang lalu

    up

  • Herwan Saputra

    Herwan Saputra

    2 bulan yang lalu

    Aku Yes

  • Remember Gog Magog

    Remember Gog Magog

    2 bulan yang lalu

    @Pier Rumawa gula putih yang biasa kta konsumsi.

  • Pier Rumawa

    Pier Rumawa

    3 bulan yang lalu

    Gula kristal itu gula bibit ya?

  • Muh. Farhan

    Muh. Farhan

    3 bulan yang lalu

    Setuju.

  • Rakha Khaerul Ikbar
    Rakha Khaerul Ikbar3 bulan yang lalu

    Kata aku mending hidup di perkampungan jauh dari kota😊

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • Rizki Ubaidillah
    Rizki Ubaidillah3 bulan yang lalu

    Favorit SIKIL=SIlent KILler

  • Rahendra Prama
    Rahendra Prama3 bulan yang lalu

    dari yang konten instagram semata seharusnya bisa jadi didorong jd pesepeda reguler, public willingness tidak didorong melalui sinisme :)

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    Gerak publik tidak harus didorong melalui kebencian

  • petasan chanel

    petasan chanel

    3 bulan yang lalu

    Antara Anis Dan polusi

  • Yanto.
    Yanto.3 bulan yang lalu

    Demi konten instagram👍 Hadeh

  • diana amelia putri
    diana amelia putri3 bulan yang lalu

    Masih berharap ke pemerintah?? Asap dari pembakaran batu bara di keluarkan dari zat berbahaya 😅😅

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • Cikusei Cabi
    Cikusei Cabi3 bulan yang lalu

    Untung gue asli semarang, deket banget sama gunung tinggi tinggi. Paru paru kotor tinggal dicuci dengan aktifitas olahraga naik gunung

  • cahyowl
    cahyowl3 bulan yang lalu

    kemarin sore polusinya kelihatan banget

  • Sharing Aja
    Sharing Aja3 bulan yang lalu

    Sya sudah pasng solar panel dan sudah mengurangi co2 220kg per hari ini

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • SC Slayer

    SC Slayer

    3 bulan yang lalu

    Mau si bang kalau ada duit masang solar panel

  • Evan Widakdo
    Evan Widakdo3 bulan yang lalu

    kayak bahaya asap rokok ya?

  • Your Majesty

    Your Majesty

    3 bulan yang lalu

    @tsukiji isabashi lebih bahaya minum racun

  • Evan Widakdo

    Evan Widakdo

    3 bulan yang lalu

    @tsukiji isabashi bener

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • tsukiji isabashi

    tsukiji isabashi

    3 bulan yang lalu

    Lebih bhy ASAP mobil

  • Adef Namikaze
    Adef Namikaze3 bulan yang lalu

    De populasi + total control , makanan sudah GMO , air mengadung fluoride, tinggal mencemari udara untuk menjadikan manusia bodoh walaupun tidak mati.

  • Marselinus Aryomulyo
    Marselinus Aryomulyo3 bulan yang lalu

    Liputan Asumsi PETANG bersama Andini Effendi

  • Your Movie
    Your Movie3 bulan yang lalu

    Bikin ngebul wkwkkw

  • Aldi Renaldi
    Aldi Renaldi3 bulan yang lalu

    Kontennya masih kurang nih. Trus usaha apa yg mesti kita lakuin buat ngurangin polusi. Mungkin harus nanam pohon jenis tertentu apa gmn.

  • Rizkhy Destatama

    Rizkhy Destatama

    3 bulan yang lalu

    mengurangi penggunaan mesin. karena di kota besar yang jadi sumber polusi ya mesin ber BBM

  • Daniel Prasetyo
    Daniel Prasetyo3 bulan yang lalu

    Jadi ingat Gunung Gede yang katanya kelihatan dari Kemayoran. 😝

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • Cak Son Jalan-Jalan

    Cak Son Jalan-Jalan

    3 bulan yang lalu

    @15_M. Fariz Zulfikar dy cebong mas, berusaha tutup mata. Palingan jg bukan org betawi asli

  • 15_M. Fariz Zulfikar

    15_M. Fariz Zulfikar

    3 bulan yang lalu

    Udah dibikinin lomba kok foto gunung gede, yang ngefoto banyak.. 😅😅

  • Cak Son Jalan-Jalan

    Cak Son Jalan-Jalan

    3 bulan yang lalu

    Kan emg keliatan, ada yg mau disangkal ? Pasti ini cebongz !

  • Charlie

    Charlie

    3 bulan yang lalu

    Gunung apa tuh...😂

  • Jhon Burjo
    Jhon Burjo3 bulan yang lalu

    Bersepeda cuma buat konten di media sosial 100% betul 😭😭

  • satya zaen

    satya zaen

    3 bulan yang lalu

    🤫

  • Arvin Langkah Tutorial

    Arvin Langkah Tutorial

    3 bulan yang lalu

    Gpp cuma buat konten kedepannya kita doakan jadi kebutuhan, sekurangnya mereka skrg tidak menambah polusi udara dengan aktivitas lain

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • Mad Yu

    Mad Yu

    3 bulan yang lalu

    Bagi yg bersepeda dijalan sudirman, dengan senang hati ambil asap knalpotku..

  • cakrawala katulistiwa

    cakrawala katulistiwa

    3 bulan yang lalu

    Betul harus ya mobil orang kaya juga di hilangkan di ganti motor yang cuma 1/10 bahan bakar

  • tayo oyat
    tayo oyat3 bulan yang lalu

    Bingung juga mau ganti ke full electric, PLTU masih jadi penyuplai utama. Memang sih positifnya di daerah polusi tinggi asap berkurang, tapi asap pindah ke daerah lain. Ayo semangat bersama kita bisa atasi.

  • Rizkhy Destatama

    Rizkhy Destatama

    3 bulan yang lalu

    tidak masalah sih dipindah ke tempat lain polusinya. paling tidak bisa mengurangi orang yang terpapar. memang menyedihkan tapi ya begitu diwajibkan memilih yang lebih dikit buruknya ketika ditemukan dengan pilihan yang sama2 mengandung keburukan

  • Gargarian king
    Gargarian king3 bulan yang lalu

    Masih banyak yg cari makan saja susah, kalo diajarin perihal polusi yang ada cuma jadi angin lalu. Jadi ambil positif nya saja, polusi udara bisa jadi alat kontrol populasi. Sama kaya rokok, mau bikin penyakitan segimanapun tetep aja pada ngerokok. Jadi ya ambil positifnya saja~

  • baiklah

    baiklah

    3 bulan yang lalu

    Iya, bakalan jadi angin lalu aja. Realitanya ya kaya gitu

  • Rama Dab

    Rama Dab

    3 bulan yang lalu

    Saya setuju . Karena cari aja makan aja susah gimana diajarin perihal polusi? Semua akan sia-sia .

  • Mas Agung Mahardika
    Mas Agung Mahardika3 bulan yang lalu

    Kalimatan udah hijau malah mau diiperkosa dengan label Ibukota Baru. Sebenarnya para cecunguk itu yang membuat kerusakan dari segi ekonomi, sosial, ketenangan masyarakat, toleransi sampai udara bersih

  • L

    L

    3 bulan yang lalu

    Sebaiknya Ibu Kota Baru dibuat hanya untuk pusat pemerintahan, tidak perlu dibangun pabrik & segala macam, ekonomi biar di kota-kota besar yang sudah ada termasuk Jakarta. Tapi kan ini Indonesia negara miskin yang sok kaya, mana mungkin bakal seperti itu. Tetap saja bakal dibangun pabrik & tambang di Kalimantan.

  • Nabila

    Nabila

    3 bulan yang lalu

    nah. ada juga yang sepmikiran

  • Pribadi unika

    Pribadi unika

    3 bulan yang lalu

    Hidup IKN!

  • arif arisa
    arif arisa3 bulan yang lalu

    Kalau yang begini yang viral bisa bahaya generasi kita bisa tercerahkan :v

  • Alif Alawi

    Alif Alawi

    3 bulan yang lalu

    "..dan semua itu berubah saat negara api menyerang."

  • surendra wicaksono
    surendra wicaksono3 bulan yang lalu

    I love Andini VO

  • Galang PJ
    Galang PJ3 bulan yang lalu

    Uang banyak, tapi paru paru jebol

  • rio

    rio

    2 bulan yang lalu

    Nah ..ini bener.

  • A.K Ricka

    A.K Ricka

    3 bulan yang lalu

    Uang jg ga banyak2 amat kl kerja kantoran di jkt gaji umr naik sedikit tp pengeluaran jg sama mahalnya. Nabung pas pas an meski gaya hidup sudah di hemat. Untuk kondisi yg sudah berkeluarga anak satu.

  • Your Majesty

    Your Majesty

    3 bulan yang lalu

    Yang penting ekonomi maju kesehatan belakangan

  • Andro Blox

    Andro Blox

    3 bulan yang lalu

    Uang banyak tetap ngutang 😎😎

  • K2AnMv

    K2AnMv

    3 bulan yang lalu

    Kalimantan - Hey jangan bawa ke sini racun mu

Berikutnya